Selasa, 08 Juni 2010

awas-tipuan-baru-di-facebook-lewat.html

Pengguna Facebook diperingatkan adanya penipuan yang kini memanfaatkan tombol ‘suka’. Ratusan ribu pengguna dilaporkan telah terjebak tipuan disebut likejacking. Perusahaan keamanan internet Sophos memperingatkan pengguna untuk waspada atas penimpuan, dari seorang yang mengirim pesan palsu ke semua teman yang ada di jejaring sosial.

Sophos di tulisan blognya minggu ini mengatakan ratusan ribu dari pengguna Facebook telah terjebak dengan tipuan yang disebut likejacking. Mereka menyebut pengguna Facebook telah menerima pesan semacam “Pria ini mengambil gambar dirinya sendiri SETIAP HARI selama 8 Tahun!!” dan mengajak untuk membuka link tersebut. Sophos mengatakan bahwa saat membuka link tersebut maka pengguna Facebook akan melihat tampilan halaman kosong, dengan pesan ‘tekan disini untuk melanjutkan’.

Sophos mengatakn klik di halaman itu akan memunculkan pesan sebenarnya di halaman Facebook dengan tombol‘suka’ dan merekomendasikan hal ini pada teman Facebook mereka. “Teman Anda akan melihat ini kemudian ikut membuka link yang kemudian jadi menyebar,” kata Sophos.

Sophos mengingatkan minggu lalu soal tipuan Facebook yang didesain untuk menipu pengguna agar menginstall adware, sebuah software yang secara otomatis memainkan, memasang ataupun mengunduh iklan ke komputer korbannya. Ini juga diikuti dengan tipuan di Facebook berupa munculnya posting ‘video paling seksi’, menurut keterangan Sophos.[ito] Source: inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar