Selasa, 08 Juni 2010

MENDETEKSI SUARA BEEP

Pada waktu kita pertama kali menghidupkan komputer maka akan terdengar suara"tit" sekali.lha suara "tit" satu kali itu berarti komputer kamu dalam keadaan baik.namun jika anda mendengar bunyi yang berbeda itu("tit" satu kali) berarti komputer anda sedang kena masalah.
di sini saya akan kasih tau maksud suara beep yang keluar dari komputer kamu.tapi tiap bios berbeda.jadi sebaiknya kamu cari tahu dulu merk bios kamu

tanda-tanda kerusakan melalui suara bios:

AMIBIOS
1 beep sampai 3 beep,ada kaitannya dengan dengan memory.solusinya pasang ulang RAM kamu atau di coba dengan memory lain.
4 beep,berkaitan dengan motherboard,solusinya coba pasang ulang semua kartu tambahan,misalnya sound card,modem,tv tuner,dll tapi bukan vga.
5 beep,ada kaitannya dengan eror di prosesor atau kartu tambahan.coba telusuri dulu dari kartu tambahan,dengan cara memasang satu persatu.bila semua kartu tambahan sudah di lepas tapi bunyi beep masih ada,berarti eror di prosessor.
6 beep,ada kaitannya dengan motherboard.coba lakukan seperti pada kasus 5 beep.Jika belum berhasil,berarti siap-siap ngeluarin duit untuk ganti motherboard.
7 beep,berkaitan dengan error secara umum,Telusuri secara berurutan mulai dari kartu tambahan,prosessor,baru kemudian motherboard
8 beep,ada kaitannya dengan vga.Coba pasang ulang atau coba dengan vga lain.jika vga kamu onboard.berarti kamu harus matikan dulu lewat BIOS dan gunakan video card add-on
9 beep,berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error.Solusinya sama kasus 7 beep.
10 beep,berkaitan dengan CMOS read/whrite error.solusinya sama seperti 9 beep.
11 beep,ada hubungannya dengan kegagalan cache memory.Solusinya pun sama persis dengan 10 beep.

Award BIOS
1 panjang,2 pendek:Ada masalah di VGA.Coba pasang ulang atau coba vga lain
1 panjang,3 pendek:Tidak ada VGA terdeteksi atau memory VGAnya eror.solusinya sama kasus di atas.
1 beep panjang atau beep pendek berulang-ulang:artinya ada masalah di prosessor,
suara beep yang berbeda dari yang di sebutkan di atas:ada eror pada memory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar